Apakah Perlu Melakukan Defrag PC?

Banyak yang bertanya apakah perlu melakukan defrag PC, jawabannya adalah tergantung dengan kondisi PC kamu. Memang banyak tips yang menyebutkan bahwa kamu harus memiliki jadwal untuk melakukan defrag PC. Jawaban dari pertanyaan apakah perlu melakukan defrag PC adalah tidak perlu secara manual karena sekarang ini sistem operasi sudah cukup modern. Berikut penjelasannya menurut Jalan Tikus:

  • Tidak untuk pengguna SSD Drive
     Jika kamu menggunakan SSD di komputer kamu, maka kamu tidak perlu melakukan defragmentasi pada SSD drive kamu. Bahkan di Windows 7 sendiri akan secara otomatis untuk menon-aktifkan defragmentasi pada SSD Drive yang terpasang di komputer kamu. Jika kamu menggunakan Windows Vista maka pastikan kamu menon-aktifkan defrag otomatis.
  • Menggunakan Windows 7 atau Vista
    Untuk hal ini tanpa menggunakan SSD, dimana jika kamu menggunakan Windows 7 atau Vista maka sistem akan memberikan konfigurasi untuk menjalankan defrag dengan jadwal pada umumnya setiap hari rabu jam 1 pagi seperti gambar di bawah ini. Tetapi jika komputer kamu selalu kamu matikan setelah digunakan, maka tidaklah mungkin melakukan defrag pada jadwal tersebut dan sebagai konsekuensinya kamu harus defrag secara manual.
  • Menggunakan Windows XP
    Di windows xp sendiri tidak ada otomatis defrag sehingga sebaiknya kamu menggunakan software dari luar misalnya Auslogics Disk Defrag atau Defraggler. Dan buatlah jadwal khusus kapan kamu akan melakukan defrag misalnya seminggu sekali atau sebulan sekali.
  • Jadi jawaban dari pertanyaan apakah perlu melakukan defrag PC itu intinya terbagi menjadi 3 bagian yaitu Jika kamu menggunakan

SSD Drive berarti tidak perlu defrag, jika kamu menggunakan Windows 7 atau Vista cukup mengecek jadwal karena akan defrag secara otomatis, dan jika kamu menggunakan Windows XP sebaiknya gunakan aplikasi defrag dari luar atau upgrade menjadi Windows 7 atau Vista.

Related Posts:

0 Response to "Apakah Perlu Melakukan Defrag PC?"

Post a Comment